Lelah akan sirna begitu merengkuh harum buku baru berbalut kilau bening sintetis.
— Pecinta Buku.

Saya termasuk satu diantaranya. Begitu kurir datang membawa paket, para kolega tanpa bertaruh lagi sudah bisa menebak bahwa isinya adalah setumpuk buku yang menjemukan. Meski pernah mengalami hal buruk dalam berbelanja buku online, tetapi saya nggak pernah kapok, tuh. Ada beberapa toko buku online langganan yang getol mempromosikan buku sastra terbaru bahkan buku lama yang tidak lagi dibaca orang. Diskon yang diberikan juga tak kalah menggiurkan dibandingkan promo Harbolnas. Dalam dua hari buku sudah di tangan. Kurang apa lagi, deh?

Berikut adalah daftar lima toko buku langganan yang sering saya kenal via Instagram dan Tokopedia lengkap dengan ciri khasnya:

1. Kedai Buku Sirius

Toko buku yang berbasis di Jogjakarta ini juga memiliki toko offline yang bisa dikunjungi. Saya membeli beberapa buku Metropop lawas di sini dan koleksinya cukup beragam. Kalau kamu peminat novel bekas, silahkan di cek Instagramnya. Harga buku bekas mulai dari 25ribuan dan buku baru di diskon berkisar 10-20%. Di bawah adalah testimoni dari saya, hihihi.

2. Dema Buku

Dema Buku adalah salah satu favorit saya karena koleksi buku-buku sastra terjemahan maupun dari penulis lokal yang cukup lengkap. Buku-bukunya baru semua. Mereka juga memberi diskon 10-20% dan bisa belanja langsung lewat www.demabuku.com. Pecinta sastra, wajib banget berkunjung. Rasanya pengen bawa pulang semua!

Di akhir masa kolonial, seorang perempuan dipaksa menjadi pelacur. Kehidupan itu terus dijalaninya hingga ia memiliki tiga anak gadis yang kesemuanya cantik. Ketika mengandung anaknya yang keempat, ia berharap anak itu akan lahir buruk rupa. Itulah yang terjadi, meskipun secara ironik ia memberikan nama Si Cantik. Di satu sore, seorang perempuan bangkit dari kuburannya setelah dua puluh satu tahun kematian. Kebangkitannya menguak kutukan dan tragedi keluarga, yang terentang sejak akhir masa kolonial perpaduan antara epik keluarga yang dibalut roman, kisah hantu, kekejaman politik, mitologi, dan petualangan. . . “Perihal berbagai gaya dan bentuk yang diaduk jadi satu ini, Cantik itu Luka memang sebuah penataan berbagai capaian sastra yang pernah ada. Seluruh referensi yang ada dalam bagasi penulisnya, hadir bercampur aduk membentuk mozaik konstruksi linguistik yang dinamis.” — Alex Supartono, Kompas . . “Mencermati isinya, kita seperti memasuki sebuah dunia yang di sana, segalanya ada.” — Maman S. Mahayana, Media Indonesia . . “Inilah sebuah novel berkelas dunia! Membaca novel karya pengarang Indonesia kelahiran 1975 dan alumnus Filsafat UGM ini, kita akan merasakan kenikmatan yang sama dengan nikmatnya membaca novel-novel kanon dalam kesusastraan Eropa dan Amerika Latin.” — Horison . . “It is nice that, after half a century, Pramoedya Ananta Toer has found a successor. The young Sundanese Eka Kurniawan has published two astonishing novels in the past half-decade. If one considers their often nightmarish plots and characters, one could say there is no hope. But the sheer beauty and elegance of their language, and the exuberance of their imagining, give one the exhilaration of watching the first snowdrops poke their little heads up towards a wintry sky.” — Benedict R. O’G. Anderson, New Left Review *** (Cantik Itu Luka [Hard Cover, Limited Edition] – Eka Kurniawan | GPU | Rp.149.000) http://www.demabuku.com/Cantik-Itu-Luka-Hard-Cover-Limited-Edition

A post shared by Dema Buku (@demabuku) on

3. Buku Gaul

Namanya agak unik ya, tapi ini adalah toko buku pertama hingga akhirnya jadi langganan saat menemukan novel lawas Haruki Murakami – Norwegian Wood. Karena browsing di Buku Gaul ini lah saya jadi tahu beda buku asli dan bajakan. Mereka menyediakan novel dan buku asli, sementara Norwegian Wood di lapak sebelah lebih murah setengah harga dengan kualitas non original.

4. Dojo Buku

Dojo Buku menjadi langganan kedua di Tokopedia setelah menemukan novel Metropop baru dengan harga paling murah diantara toko buku lainnya 🙂
Sangat terpercaya!

5. Apsara Books

Apsara Books yang berlokasi di Denpasar menyediakan buku impor 100% asli! Harganya juga muuwraaah~ mulai dari 35 ribuan aja, saya sudah bisa memboyong pulang beberapa novel impor berkualitas. Karena lokasinya di Bali, saya bisa minta diantar Go-Jek.

Semoga list di atas bisa menjadi referensi untuk berbelanja buku murah dan original.