Lelah akan sirna begitu merengkuh harum buku baru berbalut kilau bening sintetis.
— Pecinta Buku.

Saya termasuk satu diantaranya. Begitu kurir datang membawa paket, para kolega tanpa bertaruh lagi sudah bisa menebak bahwa isinya adalah setumpuk buku yang menjemukan. Meski pernah mengalami hal buruk dalam berbelanja buku online, tetapi saya nggak pernah kapok, tuh. Ada beberapa toko buku online langganan yang getol mempromosikan buku sastra terbaru bahkan buku lama yang tidak lagi dibaca orang. Diskon yang diberikan juga tak kalah menggiurkan dibandingkan promo Harbolnas. Dalam dua hari buku sudah di tangan. Kurang apa lagi, deh?

Berikut adalah daftar lima toko buku langganan yang sering saya kenal via Instagram dan Tokopedia lengkap dengan ciri khasnya:

1. Kedai Buku Sirius

Toko buku yang berbasis di Jogjakarta ini juga memiliki toko offline yang bisa dikunjungi. Saya membeli beberapa buku Metropop lawas di sini dan koleksinya cukup beragam. Kalau kamu peminat novel bekas, silahkan di cek Instagramnya @kedaibukusirius. Harga buku bekas mulai dari 25ribuan dan buku baru di diskon berkisar 10-20%. 

2. Dema Buku

Dema Buku adalah salah satu favorit saya karena koleksi buku-buku sastra terjemahan maupun dari penulis lokal yang cukup lengkap. Buku-bukunya baru semua. Mereka juga memberi diskon 10-20% dan bisa belanja langsung lewat www.demabuku.com. Pecinta sastra, wajib banget berkunjung. Rasanya pengen bawa pulang semua!

3. Buku Gaul

Namanya agak unik ya, tapi ini adalah toko buku pertama hingga akhirnya jadi langganan saat menemukan novel lawas Haruki Murakami – Norwegian Wood. Karena browsing di Buku Gaul ini lah saya jadi tahu beda buku asli dan bajakan. Mereka menyediakan novel dan buku asli, sementara Norwegian Wood di lapak sebelah lebih murah setengah harga dengan kualitas non original.

4. Dojo Buku

Dojo Buku menjadi langganan kedua di Tokopedia setelah menemukan novel Metropop baru dengan harga paling murah diantara toko buku lainnya 🙂
Sangat terpercaya! Lihat saja reputasinya di bawah ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dojo Buku (@dojobuku) on

5. Buku Akik

Langganan saya banget nih kalau udah mau nyari buku sastra yang susah dicari di toko buku offline. Mulai dari buku sastra terjemahan, buku puisi, semua ada. Kalau memang penyuka buku sastra, sila cek Instagramnya. Mereka juga available di Tokopedia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Buku Akik (@bukuakik) on

Semoga list di atas bisa menjadi referensi untuk berbelanja buku murah dan original.