Kelamaan rebahan sejak tagar di rumah aja berkumandang, terbitlah hobi baru; pengen ngunyah mulu. Atau mungkin karena saking banyak waktu luang yang dimiliki jadi banyak kegiatan yang ingin dicoba, misalnya memasak. Sayangnya, keahlian berkutat di dapur tidak berbanding lurus dengan ekspektasi lidah yang selalu ingin mengecap kelezatan rasa secara maksimal. Mau pakai ojol food tiap hari, budget makan di luar harus dikurangi. Mau masak menu yang dikehendaki, apa daya keahlian belum mumpuni. Hmm.. jadi dengan tekad kuat dan hasil browsing akurat, dipertemukanlah saya dengan aplikasi resep masakan bernama Cookpad. Mutualan? Kuy lah.

Sebenarnya saya sudah menjadi member sejak 2017, saat mengikuti gathering di lembaga kursus bahasa Korea yang tujuannya adalah memperkenalkan budaya Korea. Nah, salah satu dari rundown acara tersebut adalah belajar membuat Kimbap (nasi gulung Korea) langsung dari guru native. Saya yang suka per-Korea-an kala itu—terutama soal makanan, tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyimpan resep di aplikasi ini, dong.

Baca juga: Akhirnya Saya Memutuskan untuk Kursus Bahasa Korea, Yay!

Saya juga sempat menyimpan resep untuk membuat Brownies Kukus saat pertama kali mencoba baking.

Meskipun saya tidak rajin memasak—hanya memposting tiga resep dan dua recook, so far, tetapi aplikasi resep masakan ini sangat membantu untuk menemukan resep berbagai jenis hidangan. Tinggal sebut! Masakan Indonesia, Chinese food, Western, dessert, makanan berat hingga cemilan santai bisa ditemukan disini.

Lihat saja, sejauh ini saya menyimpan 55 resep yang saya coba realisasikan satu per satu. Mumpung lagi banyak waktu luang.

Baca juga: First Time Baking: Quickie Brownies Oreo

tampilan-desktop-cookpad
Tampilan Cookpad di desktop

Tak kenal maka tak sayang. Coba dulu unduh di smartphone atau tablet kesayangan. Benar-benar mudah digunakan dan sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.

Tampilan aplikasi di hape juga mudah digunakan dan sangat interaktif. Bingung mau bikin apa? Tinggal ketik satu bahan utama yang dimiliki, lalu temukan pada kolom cari resep.

Fitur Cookmark memudahkan kita menyimpan resep. Ada juga fitur Recook untuk menampilkan masakan yang sudah dibuat berdasarkan resep yang diposting pengguna lain.

Punya resep sendiri untuk dibagikan? Sok atuh. Input datanya gampang banget, mulai dari pengelompokan bahan hingga cara memasak.

tampilan-cookpad

Sebut saja dalam membuat Bihun Goreng Bakso Sayur ini, saya dengan mudah mencantumkan runutan bahan serta takaran yang digunakan, bahan utama hingga bumbu. Sehingga informasi yang disajikan cukup jelas.

resep-cookpad
Salah satu resep yang pernah saya buat, Bihun Goreng Bakso Sayur

Nilai plus bagi saya adalah, ketika memasak, kadang ribet kan kalau layar hape akan mati kalau kelamaan nggak digunakan—jika layar diatur dalam idle mode. Begitu buka aplikasi resep masakan ini, layar akan tetap nyala. Jadi ketika tangan belepotan, nggak perlu repot untuk touch hape agar layar tetap menyala dan ini sangat membantu banget!

Aplikasi Cookpad juga terbilang efektif dan efisien. Loading-nya nggak lambat dan tanpa iklan. Oh ya, jika ingin mencoba resep-resep yang sudah pasti endeuuuus-withoutanyhesitation alias paling teruji oleh komunitas Cookpad, bisa daftar untuk premium membership plus tambahan akses premium gratis selama 30 hari hanya dengan 39.000 aja. Keanggotaan premium ini bisa dipasang hanya lewat aplikasi ponsel.

aplikasi-resep-premium-cookpad

Oke, baik. Saatnya mencoba masak-masak lagi meski ha silnya nggak selalu enak. With Cookpad, we can cook everything; anytime, anywhere.