SEO & social media workshop berlabel NasionalBootcamp #20 yang melibatkan saya sebagai panitia pada 11-15 Mei 2016 di HARRIS Hotel & Residences Riverview Kuta – Bali, dirasa sangat bermanfaat untuk membuka wawasan baru bagi pendulang isi kantong melalui internet.

NasionalBootcamp telah diselenggarakan sejak 2008 dan kini berlangsung selama dua puluh kali ini sudah banyak melahirkan digital marketing strategies dan pebisnis online di tiap daerah di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.

Acara yang mengusung tema “Get Your First 1 Million Visitors” ini mengundang para pembicara yang ahli di bidangnya untuk mengupas strategi Growth Hack―Istilah baru dunia internet marketing untuk meretas pertumbuhan sebuah perusahaan dengan mengembangkan ilmu marketing, analisis dan juga teknis dalam dunia digital. Konsep Growth Hack ini diharapkan dapat menekan budget marketing dan tetap dapat menciptakan sebuah exposure dalam pemasaran produknya, karena growth hack ini relevan pada segala jenis bisnis, dan dapat diaplikasikan oleh semua perusahaan, dalam berbagai bentuk seperti Boost SEO Growth Hack dengan teknik Revisit SEO, menganalisa web design berdasarkan UIX dengan melakukan A/B testing, atau mengembangkan sistem viral di sosial media.

Peserta workshop di acara NBC#20
Acara rafting di Sungai Telaga Waja

Peserta workshop selama dua hari bergelut dengan materi-materi padat seputar SEO dan sosial media―mulai dari strategi menciptakan product-market fit untuk sebuah bisnis yang dibawakan oleh Ades Aulia, dilanjutkan dengan mengulas bagaimana bisa menjual produk pada targeted audience di Facebook tanpa menggunakan iklan/Facebook Ads sama sekali oleh Silvia Ratna Ariani, tips & trik memanfaatkan Instagram sebagai salah satu sarana pemasaran yang efektif oleh Michael Sugiarto (cocok banget nih untuk yang doyan promosi via Instagram), belajar SEO sama Bang Zenk, tips bikin killer content a la Duto Sri Cahyono, lalu trainer lainnya, Juliyanto, menjelaskan bagaimana mendapatkan social share yang tinggi dan ditutup oleh pemateri dari Marketbiz, Pak Keke, yang membawakan materi utama; Traffic Web – menciptakan satu juta traffik (BTW, traffic-nya bisa kamu order di sidebar banner yang ada di blog ini, lho!). Hari ketiga, seluruh panitia dan peserta mengikuti rafting sebagai bagian dari acara team building di sungai Telaga Waja.

Trainer NBC #20

Saya mengapresiasi Marketbiz, sebuah penyedia jasa SEO yang telah berkecimpung di dunia marketing online selama 18 tahun lamanya sebagai penyelenggara utama. Yep, saya juga mengamini kalau pengembangan perusahaan pada dasarnya tidak bisa hanya beracuan pada budget marketing dan juga proses kreatif saja. Maka dari itu, sebagai satu-satunya digital agency di Indonesia yang sudah mengaplikasikan konsep ini pada klien-kliennya, Marketbiz yang sudah dikenal sebagai jasa SEO terbaik di Indonesia akhirnya membuka peluang juga bagi internet marketer di seantero Indonesia untuk menyerap ilmu yang dibagikan selama workshop berlangsung.

Jangan lupa untuk ikutan tahun depan, ya! Dijamin seru! 😉

Thank you for reading, fellas!
Lots of love,