Hari kerja yang kini dipersingkat menjadi dua kali seminggu, membuat saya benar-benar banyak memiliki waktu luang. Bahkan untuk berkreasi di dapur aja, selalu bisa menyempatkan diri setiap harinya, sampai-sampai saya mulai rajin update akun Cookpad. Telat banget deh.

Baca juga: Berteman dengan Aplikasi Resep Masakan

Sebuah ide tetiba bermunculan di kepala untuk membuat olahan klepon dari ubi ungu karena ngeliat hasil kreasi orang berwarna ungu pastel cangtip. Akhirnya memutuskan untuk beli ubi jalar ungu di pasar. First problem solved.

Secondly, saya punya tepung tapioka sisa bikin dimsum yang resepnya bisa dilihat di laman ini. Giliran resep berhasil aja, baru deh masuk Cookpad. Memang bahan dasar klepon adalah tepung ketan, I know. Hanya saja tepung yang tersedia di rumah adalah tepung tapioka. Ada kok, resep berbahan tapioka untuk membuat klepon ubi ungu—dan berhasil. Hmm, leh ugha.

Jadi, ini dia resep yang saya pakai untuk membuat klepon ubi ungu:

Bahan-bahan:

  • 200 gram ubi jalar ungu yang sudah dikupas dan dicuci bersih
  • 150 gram tepung tapioka (setara dengan 10 sendok makan)
  • 1 sendok teh garam
  • Gula merah untuk isian
  • Air matang secukupnya
  • Garam untuk dicampur di adonan dan saat merebus
  • Harusnya ada kelapa parut sebagai topping, tapi saya nggak pakai

Cara masak versi saya:

  • Rebus ubi ungu selama kurang lebih 15 menit dengan dibubuhkan sedikit garam hingga empuk
  • Haluskan dengan menggunakan garpu (atau bisa juga di blender agar hasilnya lebih halus)
  • Campur tepung dan air secukupnya
  • Uleni adonan sampai nggak lengket di tangan
  • Bentuk bulatan, lalu tekan bagian tengah untuk menambah isian gula merah
  • Rebus adonan yang sudah dibulatkan hingga mengambang; artinya klepon sudah matang
  • Siap disajikan

Oke, dari cara masaknya saja, mudah sekali untuk dibuat bukan, sahabat?

Kenyataannya, klepon buatan saya, seratus persen… GAGAL! Oleh karena itulah saya post di blog aja, hahaha.

Kenapa gagal? Tiga poin berikut adalah fakta yang terjadi. Nomor 2 mencengangkan!

  1. Saat direbus, gulanya bocor. Alhasil air rebusan tercampur gula. Kenapa nggak sekalian saya bikin bubur biji salak aja kalo gitu?
  2. Klepon ngembang, tampilan jelek ya lord.
  3. Rasanya sih oke, agak pahit mungkin ubinya lama?

klepon-ubi-ungu

Hasil browsing menyebutkan, kesalahan terbesar saya adalah: klepon ya memang seharusnya dibuat dari tepung ketan. Tepung tapioka feat ubi ungu mestinya bisa digunakan, tetapi sebagai bahan boba atau kolak biji salak yang tidak pakai isian. 

Hipotesis saya selanjutnya, adonan yang saya buat (mungkin) kebanyakan air makanya hancur saat direbus. Nah, untuk aftertaste pahit pada klepon ubi ungu gagal ini disebabkan karena ubi yang udah terlalu tua? Sejak saya beli di pasar, ubi nya sempat saya diamkan selama hampir seminggu. Aduh, jangan ditiru.

Sumber di bawah ini memberikan tips dan trik menghasilkan klepon anti gagal dan tidak pahit:-

Kata situs https://www.langsungenak.com/klepon-ubi-ungu-fah-umi-yasmin/, saat melakukan perebusan atau pengukusan, ubi ungu tidak boleh dipotong. Harus dalam kondisi utuh agar tidak pahit. Belum sempat saya coba sih, semoga di resep selanjutnya berhasil.

Berdasarkan informasi dari https://resepkoki.id/4-tips-membuat-klepon-mulus-kesat-tahan-lama-dan-tidak-pecah-saat-direbus/, saat membuat adonan klepon agar tidak pecah bisa mencoba hal-hal berikut:

  • Tambahkan air kapur sirih (bening) sedikit aja dalam adonan agar tekstur klepon menjadi lebih kenyal dan kesat. Kandungan kalsium dalam air kapur sirih ini juga membuat klepon tidak lembek dan tidak cepat basi.
  • Agar klepon tidak mudah pecah saat direbus, jangan menambahkan banyak isian. Gula merah yang diisi kebanyakan nanti akan bercampur dengan adonan.
  • Didihkan air dulu, baru bulatkan adonan klepon. Oke, ini satu kesalahan yang saya lakukan. Saya memasukkan adonan klepon saat air belum mendidih, hahahaha.
    Begitu air mendidih, tinggal cemplung deh.
    Nah, kalau membuat klepon dalam jumlah banyak, bisa diletakkan dalam nampan yang ditaburi tepung ketan agar adonan tidak lengket.
  • Begitu adonan naik ke permukaan, langsung angkat. Kelamaan merebus membuat klepon jadi lembek.

Dah, segitu aja. Kalau saya berhasil, mau pamer langsung di Cookpad, hehehe.
Para master jika ada saran lagi untuk bikin klepon ubi ungu biar hasilnya mantap, mohon masukannya di kolom komentar ya.

Thank you for reading!

gin-anf-tea-signature