Apa hal yang bikin ibu baru bingung begitu masuk ke toko peralatan bayi?

Yep, memilih ukuran popok bayi jadi salah satu ‘tantangan’ yang memusingkan, terlebih saat ukuran berat badan jadi patokan. Sekalinya beli, malah kelonggaran atau bisa jadi kekecilan. 😅

Dewasa ini, begitu banyak pilihan popok bayi tersedia di pasaran sehingga para ibu bisa memilih popok bayi terbaik yang cocok dan sesuai dengan kondisi si Kecil. Tetapi jangan salah membeli ukuran popok untuk buah hati tersayang. Informasi di bawah ini dapat menjadi acuan ibu-ibu mengenai ukuran popok yang sesuai dengan umurnya.

Bayi 0-3 Bulan

Pada usia awal seperti 0-3 bulan, kulit bayi masih sangat sensitif. Oleh karena itu, cari popok bayi yang berbahan lembut dan bisa digunakan senyaman mungkin.

Gunakan popok sekali pakai yang memiliki perekat di pinggang, bukan popok yang berbentuk celana. Sesuaikan juga ukuran popok sekali pakai ini dengan berat badan putra atau putri buibu sekalian. Biasanya S untuk yang paling kecil, M untuk sedang, L dan XL untuk yang berbadan besar.

Bayi 4-19 Bulan

Di usia ini, anak akan aktif bereksplorasi terhadap lingkungan sekitarnya. Dia akan belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan bermain.

Nah di usia ini, ukuran popok bayi ini terbilang sedang dan tidak terlalu besar. Ukuran M atau L mungkin cukup, kok. Untuk itu, pada usia ini sebaiknya menggunakan popok berbentuk celana agar aktivitasnya tidak terganggu. Pilihlah popok yang memiliki pH seimbang agar kelembapan kulitnya tetap terjaga.

Bayi 20 Bulan ke Atas

Bagaimana dengan ukuran popok bayi untuk usia 1 tahun ke atas? Semakin bertambah usia, tentu berat dan tinggi anak akan ikut bertumbuh. Maka dari itu, ukuran popok yang paling besar dirasa pas untuk pergerakan aktifnya, yaitu XL atau XXL. Pada usia ini, anak sudah bisa dipakaikan diapers karena sudah benar-benar aktif bergerak.

Jangan lupa utamakan kenyamanan Si Kecil, ya, Bund! Bila anak mengeluh popok yang digunakan tidak nyaman, segera cari popok lain yang sesuai. Pada usia ini anak juga sudah bisa mulai diajarkan untuk melakukan toilet training.

Pemilihan ukuran popok yang salah akan mempengaruhi kenyamanan. Jangan sampai karena popok yang salah, muncul ruam atau gatal-gatal. Moms juga perlu mencari diapers yang bagus untuk bayi seperti Merries. Merupakan popok pilihan nomor satu para ibu di Jepang, popok Merries sudah pasti memiliki kualitas terbaik. Popok Merries memiliki lapisan bersirkulasi udara dengan permukaan yang lembut. Daya serapnya juga tinggi sehingga si Kecil nyaman saat beraktivitas di siang hari maupun saat tidur malam hari. 

Selamat mencoba~ ☺