Close

Per Mei 2019, Ini Dia Biaya Untuk Overstay dan Perpanjangan Visa

Kamu lagi ada teman bule yang visa-nya nyaris kedaluwarsa? Atau malah sudah habis masa tinggal, tapi masih ada di Indonesia? Wah, kudu cepet-cepet disuruh perpanjang deh. Soalnya aturan baru di imigrasi sekarang biaya perpanjangan dan denda overstay meningkat cukup signifikan. Tapi bagaimana jika sudah terlanjur habis visa?

Aturan Baru

Aturan sebelumnya menyebutkan jika biaya untuk overstay adalah Rp. 300.000 (~USD 21) per hari, kini, per tanggal 3 Mei 2019, aturannya berubah dan kini biaya overstay per hari adalah Rp. 1.000.000 (~USD 70), berdasarkan Pergub No. 28 Tahun 2019. Nah, biaya ini harus dibayar sebelum meninggalkan Indonesia.

Hitung-hitung sendiri deh kalau terlambat 7 hari atau sebulan. Meskipun si bule adalah teman atau pacar, jangan sampai menjadikan alasan ‘bisa bayar overstay karena dia kaya’ untuk tetap tinggal di Indonesia. A big no no. Nanti, ketika dia ‘akhirnya’ kembali ke negara asal, selain akan tertahan di kantor imigrasi berjam-jam, si bule akan kesulitan untuk apply visa baru jika akan berkunjung ke Indonesia di lain waktu – atau malah lebih parah di blacklist. Jika memang dia berencana tinggal lama, lebih baik kalau kamu sarankan dia mengajukan permohonan KITAS yang sifatnya multiple-entry atau visa Sosial Budaya yang berlaku selama enam bulan.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari salah satu teman yang bekerja di visa agency, si bule yang overstay menggunakan visit visa 30 hari, akan dikenakan denda harian. Namun jika si bule baru ketahuan, misalkan, overstay-nya hingga 60 hari, pihak imigrasi akan mendeportasi dan melakukan blacklist.

Mengajukan visa yang sesuai

Ada beberapa visa yang dapat digunakan selama tinggal di Indonesia. Untuk beberapa negara, (kamu bisa cek disini) tidak memerlukan visa sama sekali jika terhitung kunjungan singkat (maksimal 30 hari).

Jika memang berencana untuk tinggal lebih dari 30 hari, pakai Visa on Arrival yang bisa didapatkan di beberapa bandara International di Indonesia (Bali termasuk).  Bagaimana kalau sudah terlanjur pakai yang free visa 30 hari tapi mau perpanjang atau upgrade ke visa lain? Jawabannya: nggak bisa. Si bule harus keluar Indonesia dulu untuk apply visa baru, entah itu Visa on Arrival atau Sosial Budaya. Untuk biaya dan daftar negara yang masuk daftar Visa on Arrival bisa dilihat disini.

Si bule sudah mendapatkan visa yang tepat? Jangan lupa untuk perpanjang visanya biar nggak overstay. Nah, ini dia daftar terbaru berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara bukan Pajak. Semoga bisa jadi referensi kamu.

Sumber: http://bandung.imigrasi.go.id/biaya-keimigrasian/

Selamat mengingatkan si bule untuk taat aturan.

Much love,

Leave a Reply

error: Content is protected !!