Reviews, Services

Perpanjangan Visa Sosial Budaya untuk Orang Asing

Pengalaman pertama saya menjadi seorang sponsor cukup… challenging; setelah membaca terms and condition yang tertera pada footer surat penjamin, bahwa orang yang saya sponsori ini sepenuhnya di bawah tanggung jawab saya selama di Indonesia. *Iyalaaaaah, dimana-mana juga kewajibannya penjamin pasti sama!*

Desember 2016 lalu, saya menjadi penjamin untuk seorang teman dari Rusia yang berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti kursus selama 4 bulan. Nah, 28 Februari 2017 kemarin merupakan limit masa tinggalnya sehingga dia harus ngurus perpanjangan visa Sosial Budaya di Kantor Imigrasi Renon, Denpasar. (update: terkahir saya menjadi sponsor untuk seorang teman berkewarganegaraan Seychelles di bulan Agustus 2017, jadi artikel ini akan selalu diperbaharui jika ada perubahan.)

Buat yang nanya-nanya jenis visa apa aja untuk masuk ke Indonesia, nanti akan saya bahas terpisah 😉 mungkin akan sangat bermanfaat bagi teman atau pacar bule kamyu yang ingin berkunjung ke Indonesia. Perlu dicatat bahwa, visa Sosial Budaya ini BUKAN visa kerja, jadi orang asing yang kamu sponsori untuk datang ke Indonesia, tidak diperbolehkan untuk bekerja / mendapatkan uang dengan cara apapun.

PROSES PERPANJANGAN VISA SOSIAL BUDAYA

Total validitas dari social culture visa adalah 6 bulan, namun setelah visa ini di approve di negara orang asing yang bersangkutan, lama masa tinggal yang didapat adalah 60 hari (let’s say, 2 bulan) namun extendable hingga empat kali dengan masing-masing lama tinggal 30 hari (total 4 bulan). Jadi mereka bukan langsung mendapat masa tinggal 6 bulan. Disarankan untuk mengurusnya sekitar 1 minggu hingga 10 hari sebelumnya karena proses perpanjangan tidak bisa selesai dalam waktu 1 hari. Ada beberapa step yang harus dilewati. Kalau mau cepat, minta dia pakai agent aja, geees.

Singkat cerita, prosesnya dapat dilakukan dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan di kantor imigrasi. Lalu menunggu selama tiga hari sesuai waktu yang telah ditentukan. Biasanya saya dan teman datang hari Selasa, lalu Jumat datang kembali untuk melakukan pembayaran dan foto. Dan tiga hari kerja kemudian, voila, selesai!

DOKUMEN DAN PROSEDUR

Perpanjangan visa di imigrasi Denpasar ini nggak susah kok, asalkan dokumennya lengkap. Karena ini proses pertama kali sih makanya dokumen saya yang kurang, ditambah-tambahin lagi hehehe. Overall, semua prosedur jelas dan nggak ribet, antre juga nggak lama, hanya sejam kurang. Saya paling cepet datang jam 8 untuk isi formulir de el el karena ngejar jam kerja dan masih bisa selamat sampai kantor sebelum jam sembilan. Staff imigrasi juga mukanya pada seger-seger dan ramah (mungkin karena masih pagi *eh).

FYI, jam operasional di Kantor Imigrasi Denpasar ini buka mulai Senin sampai Jumat, pukul 8 atau 9 pagi hingga jam 2 siang. Hm, jam kerjanya cukup singkat dari jam kerja saya di kantor. *jangan komplain, Ginny!*

Ketika tiba disana, minta formulir untuk perpanjangan visa; ada tiga lembar, termasuk surat permohonan perpanjangan visa dan surat pernyataan dan jaminan sponsor bermaterai 6000. Formulirnya bisa langsung minta ke petugas loket 1 lantai 1 —baru masuk belok kanan mentok, untuk perpanjangan visa. Jangan lupa minta map merah. Eh, jangan lupa ambil queue ticket! Untuk tiket nomor antrian di loket ini, tinggal pencet mesin aja, pilih antrian nomor A dengan tiga digit nomor di belakangnya.

Untuk perpanjangan kunjungan visa diperlukan sponsor orang Indonesia (suami/istri atau teman WNI) atau bisa juga dilakukan oleh agen visa tetapi biayanya jauh lebih mahal, sekitar dua kali lipatnya.

Persyaratan untuk perpanjangan kunjungan visa yang harus dibawa adalah:
1. Paspor asli si bule
2. Formulir perpanjangan visa (minta form Perdim 23)
3. Surat permohonan perpanjangan visa
4. Surat pernyataan dan jaminan sponsor dengan materai 6000
5. Fotokopi KTP saya
6. Surat keterangan bekerja sponsor (ini karena status pekerjaan di KTP saya masih pelajar/mahasiswa dan belum diganti, tetapi kenyataannya sekarang saya sudah bekerja, maka saya mendapat catatan khusus untuk melampirkan surat ini.) Ini SANGAT penting kalau status pelajar/ mahasiswa di KTP mu belum diganti!
7. Fotokopi surat nikah (Jika sponsor istri/suami WNI, saya nggak melampirkan ini)
8. Fotokopi visa pertama applicant
9. Fotokopi kartu keluarga sponsor (saya nggak melampirkan ini tapi tetap diterima, jadi bawa aja untuk berjaga-jaga)

Si bule atau kamu sebagai sponsor bisa menyerahkan dokumen tersebut pada kantor imigrasi. Poin penting ketika menyerahkan dokumen ini adalah: orang asing ini tidak wajib hadir atau ikut ketika menyerahkan dokumen. Tapi saya selalu ajak dia biar tahu lokasi kehadiran yang kedua. Muehehe.

Begitu petugas imigrasi menerima dokumen, dicek dulu, lalu jika sudah komplit, maka kita akan diberi semacam tanda terima. Dan diinformasikan untuk datang kembali beberapa hari kemudian (dalam kasus saya sekitar 3 hari). Pada saat kunjungan kedua inilah, sang pejalan orang asing wajib datang ke kantor imigrasi untuk pengambilan foto. Anyway, imigrasi Denpasar melayani foto mulai jam 9 pagi sampai setengah 1 siang, tapi tetep minta teman bule kamu untuk datang lebih awal, biar dapet giliran cepet.

Prosedur pada kedatangan kedua ini mudah. Cukup menukarkan tanda terima, lalu membayar di kasir sebesar 345ribu (per Agustus 2017), menyerahkan bukti pembayaran, menunggu nama dipanggil untuk foto, dan akhirnya mengambil dokumen plus paspor. Visa akan mendapatkan approval selama 3 hingga 4 hari kerja setelah selesai pengambilan foto. Di paspor akan ada cap terbaru dari visa extension. Di sana tertera tanggal mulai berlakunya perpanjangan visa, dan berakhirnya visa.

Periode masa tinggal baru dari visa tersebut didasarkan pada tanggal berakhirnya visa lama. Jadi jika visa lama (ketika pertama kali memasuki Indoensia) berakhir pada 28 Februari, sedangkan proses perpanjangan sudah selesai pada 22 Februari, maka perpanjangan visa akan berakhir terhitung 30 hari (tetap) dari 28 Februari, bukan 22 Februari, dengan menghitung tanggal tersebut sebagai hari pertama. Lebih baik diperpanjang jauh sebelum tanggal visa berakhir ya. (Edit: 05.08.17)

Oh ya, dan juga, Date of expiry pada nomor 5 di bawah bukan tanggal habis masa tinggal di Indonesia. Sering teman-teman saya salah kaprah dan mengira Date of Expiry sama dengan berakhirnya masa tinggal. Kamu bisa jelaskan ke mereka kalau tanggal habis visa adalah 60 hari dari Date of issue which is 20 Desember 2015 (berdasarkan gambar di bawah). Nah, jika visa tersebut tidak digunakan (gampangnya, kalau teman kamu nggak datang ke Indonesia sampai 20 Januari 2016), maka visa ini akan hangus.

Seperti itu tulisan yang lebih detil mengenai prosedur perpanjangan visa. Jika di-summary-kan, maka poin-poinnya adalah:

  1. Mengurus proses perpanjangan sekitar 1 minggu sebelum masa visa berakhir
  2. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan, plus fotokopi
  3. Kedatangan 1: Apply perpanjangan visa dengan formulir yang dapat diambil di kantor imigrasi
  4. Kedatangan 2: Pejalan harus datang untuk sesi foto (ada kemungkinan diikuti kedatangan ketiga untuk pengambilan paspor).
  5. Enjoy your visa extension! 🙂

Dan itulah akhir dari catatan saya tentang prosedur perpanjangan visa. Tentunya ada beberapa keterbatasan dari artikel ini. Seperti misalnya saya kurang memahami di kantor imigrasi mana saja layanan perpanjangan visa dapat dilayani, apakah prosedur yang sama diterapkan di setiap kantor imigrasi, atau apa yang terjadi (dan bagaimana meresponnya) jika aplikasi perpanjangan visa ditolak.

Sekali lagi, batasan dari artikel ini adalah pemahaman yang didasarkan dari pengalaman pribadi mengurus perpanjangan visa di Kantor Imigrasi Denpasar. Kalau kamu punya rencana untuk memperpanjang visa teman orang asing yang kamu sponsori di Bali, semoga tulisan ini bisa membantu. Good luck!

Update 04.10.2017
Hari ini saya datang ke imigrasi untuk perpanjangan visa kedua seorang teman dari Seychelles. Ternyata ada sistem baru untuk pembayaran perpanjangan visa, jadi tidak lagi dilakukan di counter yang mengharuskan teman saya datang untuk kedua kalinya. Pembayaran sebesar 355 ribu itu kini bisa di bank atau melalui ATM. Pada receipt yang diberikan akan tertera nomor untuk dilakukan pembayaran.

Nah, setelah pembayaran dilakukan, dia hanya perlu datang untuk mengambil visa yang sudah jadi which is seminggu lagi.

Whoa, pelayanannya kini makin gampang! 🙂

Semoga tulisan saya di atas bisa membantu.
Lots of love,

95 thoughts on “Perpanjangan Visa Sosial Budaya untuk Orang Asing

  1. Halo,
    Jelas sekali penjelasan Saudara, terima kasih banyak!
    Yang beda dengan informasi yang saya terima, tanggal berakhirnya visa dihitung dari tanggal berakhir visa sebelumnya, bukan tanggal proses.
    Bingung juga saya…
    Salam,

    Annet

    1. Hi Annet,

      Terima kasih sudah berkunjung. Mungkin saya perlu double check lagi ke imigrasi, karena informasi yang saya terima sebelumnya demikian. Kebetulan bulan depan saya jadi sponsor lagi 😀

  2. Maaf mbak, mau tanya nih.. gimana jika kita menjadi sponsor bisa sosial budaya, tapi KTP kita masih mahasiswa sedangkan kita sudah kerja. Apa kita harus mengganti KTP kita dulu untuk di ubah status pekerjaan nya atau kita tidak perlu mengubah nya lagi??
    Terima kasih

    1. Hi
      Kalau misalnya kaya gitu, kamu harus nyantumin surat keterangan kerja di perpanjangan visa pertama dan juga ktp nya. Surat itu harus ada terus di setiap perpanjangan.

      Semoga membantu 🙂

      1. Ok deh 😃, tapi KTP nya gak perlu di ubah lagi kan mbak? Cuma diminta keterangan kerjanya aja kan mbak?

      1. Salam kenal dear galuh,, saya mau bertanya nih kebetulan saya punya pacar orang luar dan dia mau datang ke indo, nah saya mau bikin surat undangan ke dia yg nanti nya di tunjukin ke kBRI yg ada di negara nya,,, apakah surat undangan saya itu harus ada persetujuan dari imigrasi dari tempat saya at g mna,,, terima kasih

        1. Hello Rahma

          Salam kenal ya. Surat sponsor tidak perlu ada persetujuan dari imigrasi. Surat itu berupa (1) surat permohonan dan (2) surat keterangan & jaminan bermaterai 6000 yang menyatakan bahwa Rahma siap bertanggung jawab selama pacar berada di Indonesia dan memang benar berada disini tidak lebih dari 6 bulan, serta tambahan scan KTP dan paspor (jika ada) untuk apply di negara pacar.

          Semoga membantu 🙂

      2. Maaf sister, mau tanya lagi. Kalau surat keterangan kerjanya itu perlu ada persetujuan dari pemerintah keindustrian atau gak? Walaupun kita bekerja di sebuah toko biasa

        1. Surat keterangan kerja itu sebenarnya untuk status KTP yang masih pelajar tapi belum sempat ganti ke bekerja.
          Saya belum cross check lagi soal perlu atau nggaknya ada persetujuan dari pemerintah kalau punya usaha sendiri. Mungkin bisa dilampirkan surat ijin usaha kalau memang Lubna itu seorang wirausaha.

  3. Hi Galuh,
    Salam Kenal ya…
    Saya juga mau tanya, kalau saya bukan penduduk yang ber KTP di tempat saya bekerja apa bisa nggak saya menjadi sponsor untuk pacar saya? Kebetulan saya kerja di Bali dan rencana pacar saya akan datang ke Bali.
    Terima kasih.

    1. Hi Susi, salam kenal juga!

      Ngga masalah mba, yang penting ada surat keterangan kerja dari tempat mba bekerja dan melampirkan ktp mba saat dia apply visa. 🙂
      Cihuy asyiik, sekalian promosiin Bali dong 😀

  4. hi galuh, salam kenal,.

    duh bermanfaat banget nih blognya, aq juga lg mw perpanjang visa sobud untuk suamiq ..
    btw, ada contoh lampiran surat” yg dibutuhkan diatas gak y? biar tinggal download ^.^

    efek malas ketik

      1. Hi..galuh saya mau tanya niy.. sampai brapa kli bsa pkai visa sosial budaya..?? Saya sdh 1× dan hmpir mau hbis wktuy(4×lpor k imigrasi)Berkali2 / ada batasnya.. makasi

      2. Hello kak galuh saya bisa minta no WA kk ada hal penting soal visa di blog kk yang sama dengan visa pacar saya yang akan segera berakhir makasih

  5. Hai mba, mau nanya, kalau mau bikin perpanjangan, memang perlu sponsor yg di annotation ya? Ga bisa pakai sponsor lain udah ya?

    Mekasih mba

    1. Hi Mba Fatini

      Saya ngga tau prosedur imigrasi lain selain Bali (tapi rasanya sama aja, mungkin mba bisa cek langsung dulu), tapi setahu saya ybs ga bisa ganti sponsor kecuali dia out of country setelah visa sebelumnya habis (misalnya) dan apply visa sosbud baru dengan nama sponsor lain.

      CMIIW ✌

  6. Hi Galuh,

    Senang sekali ada artikel ini. Thanks ya.

    Saya (sebagai sponsor istri) punya beberapa pertanyaan terkait visa sosbud ini:
    1. Alamat di KTP saya di Kota A, tp domisili & kantor di Kota B. Apa semua pengurusan bisa dilakukan di imigrasi Kota B? Karena cukup makan waktu jika semua harus diurus di Kota A.
    2. Ini agak out of topic. Tapi kira-kira bisa nggak, menjelang visa sosbud expired (6 bulan), kita mengajukan visa sosbud baru tanpa harus keluar dari Indonesia?

    Mungkin ada pertanyaan, kenapa ngga urus KITAS aja untuk istri? Kami berdua baru menikah secara agama, belum official dari negara. Jadi status kami secara official masih single. Kenapa?
    Karena rencana kami akan menikah di negara istri. Untuk sementara kita pake visa sosbud dulu sampai official getting married dari kedua negara.

    Terima kasih 🙂

    1. Halo Rengga, salam kenal.
      Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.

      1. Alamat di KTP saya di Kota A, tp domisili & kantor di Kota B. Apa semua pengurusan bisa dilakukan di imigrasi Kota B? Karena cukup makan waktu jika semua harus diurus di Kota A.
      Nggak masalah, karena ini kasusnya sama seperti saya 😀

      2. Ini agak out of topic. Tapi kira-kira bisa nggak, menjelang visa sosbud expired (6 bulan), kita mengajukan visa sosbud baru tanpa harus keluar dari Indonesia?
      Nggak bisa, harus apply dari luar untuk dapat sosbud baru, paling deket di Singapura. Kenapa saya sarankan disini? Karena embassy Indonesia di Singapura memproses sosbud lumayan cepat (menurut review salah satu teman yang pernah apply disana tanpa agen). Tapi kalau mau sehari jadi, bisa pakai jasa agen visa namanya Ismail (google aja lokasinya). Apply-nya harus di hari kerja ya.

      Wah, so happy for you both. Semoga proses pengurusan KITAS nya juga nanti lancar ya!

  7. Halo Galuh, salam kenal

    Terima kasih sekali untuk penjelasannya yang komplit. Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan…

    1. Apakah perpanjangan visa ini bisa dilakukan untuk WNA yang sudah masuk dan stay di Indonesia dengan Visa Bebas Kunjungan (kalau dilihat di web nya Departemen Imigrasi, VBK tidak bisa dikonversi ke jenis ijin tinggal lain)
    2. Apakah boleh minta format surat permohonan perpanjangan visa serta surat pernyataan dan jaminan sponsor?

    Thanks a lot yaa

    1. Hi Anastasia, salam kenal juga.
      Saya bantu jawab pertanyaannya, semoga membantu.

      1. Apakah perpanjangan visa ini bisa dilakukan untuk WNA yang sudah masuk dan stay di Indonesia dengan Visa Bebas Kunjungan (kalau dilihat di web nya Departemen Imigrasi, VBK tidak bisa dikonversi ke jenis ijin tinggal lain)
      VBK memang nggak bisa dikonversi. Kalo udah habis 30 hari ya mesti ke luar lagi dulu untuk apply sosbud atau simply balik ke Indo dengan bayar Visa on Arrival (VoA).

      2. Apakah boleh minta format surat permohonan perpanjangan visa serta surat pernyataan dan jaminan sponsor?
      Boleeeh. Will send thru email ya. 🙂

      Btw terima kasih sudah berkunjung!

  8. Halo, makasih banget infonya sangat membantu 🙂

    Saya penasaran, itu dikatakan bahwa dapat visa 2 bulan lalu harus perpanjang tiap bulannya, apakah harus diperpanjang di kota tersebut? Ataukah bisa di kota lain? Karena WNA tersebut akan melakukan proyek volunteering di berbagai kota.
    Makasih 🙂

    1. Halo Indra, terima kasih sudah berkunjung..
      Perpanjangannya bisa di imigrasi manapun asalkan menyertakan dokumen pendukung yang lengkap. Misalnya untuk case ini, WNA itu juga harus menyertakan surat pernyataan bahwa dia memang benar mengikuti kegiatan volunteer saja, bukan bekerja.

      Satu lagi, pengalaman saya di imigrasi Denpasar biasanya perpanjangan pertama dan kedua, sponsor (saya) harus ikut. Tapi point ini mungkin bisa di double check lagi di kantor imigrasi tujuan.

      Semoga membantu ✌

  9. Salam kenal,
    Terimakasih blog nya sangat membantu…
    Mau tanya kaka ku sponsori temen dari luar, kaka ku tgl di jakarta…sedang org yg di sponsori tinggal sm temen di batam, apakah perpanjangan visa sosbud nya harus ke jakarta atau bisa di urus dari imigrasi batam…gmn tentang sponsor apa harus kaka sy atau bisa di ganti dg temennya yg domisili batam.
    Terimakasih

    1. Hi Atik,

      Untuk perpanjangan sosbud visa bisa di Jakarta atau di Batam, tergantung kesepakatan.

      Karena ini proses perpanjangan visa, boleh saya tahu bule ini saat apply visa pertama kali sponsornya atas nama siapa? Kakak atau teman kakak?
      Jika kakak, maka dia harus ikut ke imigrasi entah itu perpanjangan di Jakarta atau Batam. Tidak bisa diwakilkan 🙂

      Semoga membantu.

  10. Sponsornya kaka sy yang di jakarta…
    Jadi waktu sambung harus sponsor awal nya ya yg mengajukan?…bule nya skrg di batam, klo bule nya bawa dokumen kaka sy di imigrasi batam kira2 bisa nggak ya sedangkan kaka sy di jkt…terimakasih maaf byk nanya…😄

    1. Hi Mbak Atik,
      Saya juga pernah ngalamin hal yang sama. Saya males banget datang ke imigrasi sebagai sponsor, sementara saya pagi-pagi harus kerja. Cuma ya temen bule saya harus balik lagi dari imigrasi dan nelpon saya untuk dateng sama dia keesokan harinya. Kata petugas disana, saya harus tetep setor muka ke imigrasi sebagai sponsor. Jadi kesimpulannya, sponsor memang harus ikut saat perpanjangan.

      Tapi saya kurang tahu untuk regulasi di Batam apakah sama atau enggak, mungkin bisa dihubungi dulu kantor imigrasi nya 🙂 hehehe.

  11. Halo mbak Galuh salam kenal ya,
    Seneng bgt bisa ketemu blog ini, sangat membantu sekali karena kebetulan saya akan menjadi sponsor untuk calon suami saya. yang ingin saya tanyakan untuk sponsor letter apakah perlu ttd dari RT gak mbak ? Bisa minta format sponsor letter dan surat jaminan gak mbak. Terima kasih atas bantuannya

    1. Hi Mbak Prida,
      Senang bisa membantu, terima kasih udah berkunjung.
      Nggak perlu mba, cukup materai dan ttd pribadi (kalo memang mau apply Sosbud ya, beda dengan KITAS)
      Suratnya sudah saya kirim ke email.

      Have a lovely day!

      1. Siang mbak galuh seneng sekali bisa ketemu blog nya mbak agaluh. Saya boleh minta contoh promosi letternya n jaminan nya gak mbak galuh

  12. Hai Galuh,
    Postingan ini sangat bermanfaat.
    Saya ingin menanyakan, jika Masa berlaku Visa Kunjungan Beberapa kali perjalanan akan habis dalam jangka waktu 1 tahun. Apakah perlu membuat pengajuan visa tersebut kembali? Atau Bagaimana ya?
    Terima kasih. – Ekha –

    1. Hi Ekha
      Kalau visa yang dimaksud konteksnya merujuk ke multiple entry visa, saya kurang begitu memahami, mohon maaf. Karena yang saya bahas disini adalah visa Sosial Budaya yang tergolong single entry dan berlaku selama 6 bulan.
      Mungkin bisa cek ke kantor imigrasi langsung ya 🙂

      Terima kasih.

  13. Hello,
    My name is william..saya baru menikah di jakarta selatan.
    Saya masuk dgn visa social budaya 211..
    Bulan depan saya harus perpanjang visa ku di kantor imigrasi jksel
    Tentu saja Sponsor bisa istriku..tapi alamat ektp istri sulawesi…boleh?

  14. Terimakasih Mba Galuh,oh iya apa ada ketentuan dari imigrasi untuk statement bank 3 bulan orang asing tsb, yg akan datang dg visa sosbud harus mempunyai simpanan berapa di bank?

    1. Hi Mba Atik

      Saya kurang tahu untuk statement bank kalau apply di negara ybs. Beberapa teman saya pakai agent, sedikit dari mereka apply sendiri. Kalau nggak salah, apply sosbud visa di Indonesian embassy di Inggris perlu itu.

  15. Hey Mbak Galuh,

    salam kenal, thank banget buat blog nya. agak susah buka website resmi dr kementrian luar negeri, jadi saya mau buat visa sosbud untuk calon suami di imigrasi Indonesia di singapura, nah mau tanya untuk surat sponsor nya ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris? klo ada contohnya, itu ngebantu banget :D.

    Best Regards,

    Nadia

  16. Helo Rika ,
    Aku mau tanya dong.Kan keponakan pacarku udh di Indo selama 20 hari.Nah rencanya aku mau buatkan dia visa sosial budaya.Apakah keponakannya harus ke luar negeri dulu (keluar indonesia )untuk apply visa sosial budaya di singapore atau boleh apply langsung di imigrasi indonesia.Karena peetama kali masuk ke indonesia nggak pake visa hanya mengandalkan pasport dengan ijin tinggal 30 hari.Mohon penjelasannya ya.Apakah boleh minta format surat permohonan perpanjangan visa serta surat pernyataan dan jaminan sponsor?
    Boleeeh yaaah ? Will send thru email ya. 🙂

    Btw terima kasih sudah berkunjung!

  17. Hi b,

    Terima kasih untuk artikel yang liar biasa membantu.

    Mohon bantuan informasi lebih lanjut untuk visa sosial budaya.
    Pacar saya berencana pindah ke bali.
    Pertanyaan Saya,

    1. Apakah bisa menggunakan visa sosial budaya ?

    2. Jika bisa, berapa lamakah visa ini berlaku?

    3. Berapa kalikah visa ini bisa di perpanjang ?

    4. Jika mengajukan visa baru di singapura,
    Apakah Hal ini bisa dilakukan berulang kali selama bertahun tahun ?

    Mohon bantuan informasinya.
    Jika tidak merepotkan mumgkin bisa minta tolong via email b
    [email protected]

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebanyak banyaknya

    Best regards
    Sefri

    1. Halo Sefri

      1. Apakah bisa menggunakan visa sosial budaya ?
      Bisa tapi tidak dalam jangka panjang. Kalau stay lama kan pasti kerja disini. Mungkin sementara bisa pakai Sosbud, tapi setelahnya apply KITAS setelah dapat bantuan sponsor dari tempat kerja.

      2. Jika bisa, berapa lamakah visa ini berlaku? 6 bulan aja.

      3. Berapa kalikah visa ini bisa di perpanjang ? Visa ini bisa diperpanjang 4 kali. Jadi jumlah awal hari yang akan dia dapatkan adalah 60 hari. Setelah itu bisa diperpanjang selama 4x setiap bulan untuk dapat 30 hari lagi setiap bulannya.

      4. Jika mengajukan visa baru di singapura,
      Apakah Hal ini bisa dilakukan berulang kali selama bertahun tahun ?
      Nggak bisa, pasti akan dipertanyakan oleh pihak imigrasi. Paling banyak 2x setahun, setelah itu beri jeda 2 tahun sebelum kembali ke Indonesia.
      Informasi ini sebetulnya belum valid karena saya juga belum sempat cek ke pihak imigrasi. Mungkin Sefri bisa tanya langsung kesana ya 🙂

    1. Hi Sam,
      Engga perlu sih kalau untuk perpanjangan. Paling cuma ditanya di Indonesia ngapain, berapa lama. Begitu dokumen yang disubmit lengkap, dapet receipt, pulang deh. 🙂

  18. Hiii galuh… boleh minta nomor wa… saya amel dari surabaya.. tunangan saya mau datang ke surabaya, tunangan saya orang filipin.. kedatangannya untuk menikah dan persiapan councelling. Mengurus visa sosial budaya itu untuk brapa bulan?? Lalu di surat sponsor dan penjamin saya juga harus menulus tujuan dan jangka waktu 2bulan? Lalu untuk tiket PP gimana? Boleeh saya dibantu galuh. Trimakasih

    1. Hi Mba Amel,

      Thank you ya, udah menghubungi saya ke IG dan WA. Semoga jawaban-jawaban saya kemarin bisa membantu 🙂

      1. Terimakasih mba Galuh…. sangat membantu sekalii sebagai referensi info tambahan untuk saya.karena saya baru pertama kali…trimakasihh banget artikel di web ini sangat2 membantu. Mba galuh sangat ramah dan baik. Salam kenal

        1. Salam kenal juga mba Amel, maaf ya ilmu saya juga masih cetek soal ke visa an 😀
          Jadi harus cek juga ke embassy untuk informasi lebih akurat.

  19. Halo, infonya berguna sekali, terima kasih ya. Boleh bagi info untuk proses menjadi sponsor visa kunjungan sosial budaya pertama kali? Terima kasih.

  20. Hai ka. Seneng bgt bisa ketemu blog ini. Btw mau tanya dong. Temen ku mau perpanjang visa sosbud dan niatnya aku yg jadi sponsornya. Tapi statuskubmasih mahasiswa. Apa bisa? Ada syarat tertentu gak sih untuk jd sponsor? Trims

    1. Hi Mario
      Thanks udah berkunjung. Sori, apa ini untuk perpanjang? Kalo iya, apa kamu jadi sponsor dari pertama apply?
      Misalkan ini untuk perpanjang aja, kamu belum bisa, harus dari sponsor sebelumnya.
      Kalau misalnya dia mau apply sosbud untuk pertama kali dan kamu jadi sponsornya, bisa kok. Ga apa masih mahasiswa asalkan ada KTP yang masih berlaku, hehehe.

  21. Hi Galuh,

    Salam kenal 🙂 artikel nya sangat membantu.
    Saya berencana untuk membantu teman tapi saya mendengar beberapa pengalaman teman mengatakan domisili KTP harus Bali karena akan bermasalah di imigrasi Bali. Berikut kondisi saya:

    1. KTP domisili luar Bali, Kartu keluarga, tinggal dan kerja di Bali. Apakah perlu surat keterangan dari banjar setempat?

    2. Apakah ada dokumen lain yang diperlukan selain KTP, KK dan surat jaminan dari tempat kerja (Kantor), misalnya dari banjar setempat?

    3. Bisa dibantu format surat permohonan perpanjangan visa serta surat pernyataan dan jaminan sponsor?

    Terima kasih Galuh atas bantuannya.

  22. tq penjelasannya mba Galuh, doakan semoga saya berhasil 🙂
    boleh minta form perpanjangan nya ? Terima kasih banyak

    Mia

  23. Dear GaluhGinanti
    salam kenal, saya punya pacar orang bangladesh sudah 3 kali datang ke indonesia memakai visa sosial budaya abang saya penjaminnya, dan dia pun pulang kenegaranya setelah 6 bulan ingin berkunjung lagi ke indonesia dengan menggunakan visa yang sama dan penjamin yang sama pula abang saya, yang ingin saya tanyakan:
    apakah menggunakan visa sosial budaya bisa dipanjang lebih dari 30 hari, kalau bisa gi mana cara nya ?
    mohon bantuan nya ya dear GaluhGinanti terima kasih sebelumnya

    1. Hi Anie

      Sori saya kurang paham maksud pertanyaan Anie. Jadi intinya, ketika visa Sosial Budaya granted, 60 hari pertama sudah di tangan dan bisa diperpanjang lagi setiap 30 hari sebanyak 4 kali, sehingga total waktu tinggal di Indonesia adalah 6 bulan.
      Setelah itu ngga bisa perpanjang lagi. Kalo mau apply harus keluar dulu dari Indonesia dan apply KBRI luar.
      Semoga membantu 🙂

  24. Hallo mba… Rencananya calon suami akan menggunakan visa sosbud untuk persiapan pernikahan dan kalau memungkinkan sekalian untuk menikah. Bisa tidak ya mba?
    Rencananya nanti akan dikonversi ke Kitas, karena dia akan stay di Indonesia.
    Satu lagi mba.. semua persyaratan sponsor, apakah bisa dikirim via email (scan)?.
    Maaf kepanjangan mba.. Makasih ya.

  25. Mba Galuh,
    1. kalau kondisi na baru alias bukan perpanjangan gimana?
    2. Gimana juga kalau status bule2 tersebut bebas visa masuk ke negara kita? Tapi memang tujuanna dia jadi volunteer selama 2 minggu.

    Mohon pencerahan ya. Terima kasih

    1. Hi Mayrina

      1. Maksudnya baru apply Sosbud visa gitu ya? Siapin sponsor letter aja mba buat temennya, dia bisa apply di KBRI negara dia untuk dapet Sosbud visa.
      2. Selama jadi volunteer (dia ngga mendapat bayaran dalam bentuk apapun di Indonesia) dia bisa masuk Indonesia bebas visa.

      Semoga bisa membantu 🙂

      1. Sampai lupa balas saya. Mereka lebih ke no. 2 sih ya. Memang cuma jadi volunteer aja 2 minggu, bantu komunitas lokal sini. Ga dapat bayaran, tapi paling disuguhkan makan siang sama orang lokal. Bebas visa lah ya? Wong cuma 2 minggu,,

  26. hallo mba mbaa, saya punya tamu wna dari china, tamu tersebut memiliki keahlian dalam bidang mekanik, rencana untuk beberapa hari kedepan saya mau gunakan untuk memasang mesin pda perusahaan sya, akan tetapi setelah saya minta visanya ternyata sudah habis masa berlakunya, adakah solusi untuk mengatasinya,? wna tersebut menggnakan visa kunjungan, dan bukan sya yang meminta wna terebut datang ke indonesia, sya hanya bertemu wna tersebut dari orang lain,.mohon arahanya, terimakasih,.

    1. Halo Karto

      Waduh, kalau untuk itu, saya saranin untuk mengurus visa yang tepat dulu. Karena saya juga ga berani memastikan (kalau dia masang mesin kan pasti sifatnya dapat upah ya) jadi pakai visa turis atau sosbud sudah pasti dilarang.

      Semoga membantu.

  27. Dear Mbak Galuh…

    Terima kasih…Artikelnya sangat membantu sekali dalam memahami tentang proses perpanjangan Visa. Yang mau saya tanyakan, bagaimana kalau Visa orang asing yg masuk ke Indo tsb hanya Visa yg 1 bln berlakunya. Saya gak ngerti jenis Visa apa namanya ya. Apakah dengan visa tsb bs dilakukan perpanjangan dengan cara yang sama spt pada Visa Sosial Budaya yg berlaku 2 bln??? Kakak sy sdh berpindah menjadi warga negara OZ, dan karena kali ini mau datang ke Indo terburu2 krn ortu sakit, jd sdh gak punya ckup waktu lagi untuk mengurus Visa Sosial Budaya di negaranya. Rencananya next week dia mau datang aja via Balikpapan dan ngurus Visa on Arrival di Blp. Stlh itu sblm 30hr hbs masa berlakunya, dia mau ngurus Visa perpanjangan utk stay sebln lagi di Palu, Sulteng. Apakah bisa spt itu tanpa harus keluar dulu dari Indo?

    1. Hi Mba Virginia

      Terima kasih sudah berkunjung. Setahu saya, visa yang 1 bulan tidak bisa diperpanjang mba. Coba cek dengan pihak imigrasi apakah bisa kakaknya mendapat Visa on Arrival karena statusnya kan sudah pindah WN. Kalau memang bisa, visanya harus diperpanjang di Indonesia. Begitu keluar Indonesia, visa sudah tidak berlaku lagi.

      Semoga membantu dan semoga ortu cepat sembuh ya! 🙂

  28. Mba Galuh,
    Terima kasih atas artikelnya.
    Sebenarnya kasus saya hampir sama dengan Mba Virginia. Kakak saya yang pulang ke Indo juga harus memperpanjang visa. Kalau di tahun lalu, kami tidak pusing karena kami menggunakan jasa makelar yang mengurus perpanjangan visa. Si makelar menggunakan jalur Visa On Travel. Tahun ini pun sama, Kakak saya juga akan melebih waktu menetap di Indonesia, sehingga Visanya harus diperpanjang. Namun tahun ini berbeda karena si makelar meminta uang jasanya yang sangat tinggi sehingga kami memutuskan untuk mengurusnya sendiri.
    Oleh karena itu, mohon bantuan Mba Galuh agar dapat mengemail format surat sponsor seperti yang sudah Mba Galuh buat temannya.

    Sebelumnya kami ucapkan matur suksme yang mendalam ya.

    Salam kenal,
    Jansen

  29. Saya mau tanya dong, kan saya punya teman tinggal di texas dia mau datang ke indonesia, tapi dia minta surat undangan. Itu bagaimana ya maksudnya ??tolong dijawab terimakasih .

  30. hello sis! makasih ya buat infonya. aku mau nanya sis, aku mau perpanjang visa kunjungan buat diriku tapi posisi aku skrng lg blajar di jogja. nah, biaya perpanjang di bali sm di jogja sm ga? terus kalo kita pake formulir cetak sendiri (yg bukan diambil di kantor imigrasi) blh ya? kalo boleh, boleh saya minta formulirnya? makasii udh membantu sis❤

    1. Hi Zasyafina

      Perpanjangnya bisa di imigrasi Jogja. Biayanya saya rasa sama untuk setiap imigrasi. Untuk form nya harus ambil langsung kesana mba, saya pernah dapat form dari agent langganan tapi ditolak imigrasi. Harus mengulang lagi untuk isi data tamu di kantor imigrasi terkait.
      Semoga membantu 🙂

  31. hi kak.. jadi social visa itu 2bulan stay di indonesia terus langsung pengajuan perpanjangan visa atau stay 2bulan di indonesia trs terbang ke negara lain habis itu masuk indonesia lagi.. gitu ta? aku ini rada bingung sih

    1. Hi

      Sosial budaya visa itu diperuntukkan bagi orang asing agar dia bisa tinggal max 6 bulan di Indonesia. Jadi ketika pengajuan visa di negara si orang asing ini disetujui, dia akan dapat 60 hari untuk pertama kali. Kemudian selama tinggal di Indo, dia bisa perpanjang setiap 30 hari sampai maksimal 4 kali perpanjangan. Selama pakai sosbud ini si orang asing ngga boleh keluar dari Indonesia, otherwise, visanya hangus.

      Kecuali kalau memang dia harus keluar Indo, dia harus apply lagi untuk visa sosial budaya yang baru di KBRI Indo di negara terdekat untuk bisa pakai sosbud lagi 🙂

      Semoga membantu!

  32. salam kenal terimakasih infonya sangat membantu ,,dan saya mau bertanya saya wni yg sudah menjadi wna tp anak saya mau pulang ke indonesia bersama anak saya yang berumur 12 tahun ,dan rencana mau sekolah di indo bagaimana langkah awal untuk prosesnya ,dan untuk saya sendiri dengan visa apa agar bisa netap di indo dalam jangka waktu panjang.sekian terima kasih

Leave a Reply