Pandemi di tahun ini membuat ambyar semua rencana—yang mungkin sudah terinci hingga akhir tahun. Stay at home mulai jadi pilihan sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan di beberapa wilayah, utamanya red zone. Semua kegiatan beralih ke online karena nggak bisa kemana-mana. Bahkan masih ada yang berusaha untuk tetap di rumah padahal sudah memasuki fase new normal.

Bosan? Pasti.

Sebagian besar pekerja swasta dan wirausaha malah kehilangan mata pencaharian dan di sisi lain, ada yang memutar otak agar bisa terus bertahan dan menghasilkan. Mesti pintar-pintar mencari tambahan, kan? Jika berjualan bahan pokok secara online sudah menjamur dan merasa nggak pede untuk memulai karena banyak saingan, gimana kalau upgrade skill baru-nya saja yang dimulai online? Belajar dulu, nambah duit kemudian. 😉

Di musim corona yang mengharuskan semua serba dari rumah begini, ada baiknya nambah keahlian memijat alias massage. I mean, like, everyone is getting tired of rebahan aja and need a proper self-pampering. Pijat juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, relaksasi pikiran, membuat tidur lebih nyenyak—dan segudang manfaat lain, you name it, sehingga kekebalan tubuh juga meningkat.

Bukannya massage dilarang saat corona? Kan mesti mesti physical distancing!

Eh enggak gitu juga dong.

Permintaan untuk spa home service memang banyak di masa transisi ini, tetapi apakah semua terapis sudah menjalankan standar new normal seperti yang semestinya?

Ada Standar Operasional Prosedur yang diterapkan khususnya untuk spa, salon dan barbershop. Makanya, jika memang tertarik untuk belajar massage dengan budget ramah di kantong, kursus online yang disediakan oleh Bali International Spa Academy bisa menjadi alternatif. Pilihan kursusnya banyak, ada dua puluh jenis! Kursus paling populer adalah seperti yang ditampilkan teaser video di bawah ini, yakni Balinese Massage.

 

Berikut alasan kenapa saya menyarankan untuk ambil online massage course di Bali BISA:

Harga bersahabat tanpa limit waktu akses

Online course biasanya memberikan batas waktu untuk muridnya kan? Harus selesai dalam enam bulan atau maksimal setahun, misalnya. Di beberapa platform, juga ada kursus yang udah bayar mahal, tapi nggak jarang materinya susah diunduh.  Bali BISA menyediakan kursus online dengan harga affordable (publish rate USD 350, sekitar 5 jutaan jika dirupiahkan) dan materinya lengkap banget!

Materi belajar yang super lengkap + SERTIFIKAT!

Nggak cuma buku manual, kursus ini juga dilengkapi dengan file power point dan video tutorial. Pada setiap kursus juga diselipkan modul Health, Safety & Hygiene sebagai standar seorang terapis dalam menjalankan praktek.

Dimulai dari postur tubuh saat melakukan massage. Posisi yang salah bisa menimbulkan cedera.

Massage juga tidak boleh sembarangan. Ada kontraindikasi untuk beberapa kasus tertentu, lho. Untuk bekerja secara aman sebagai terapis profesional, ada materi tentang client consultations yang dapat membantu kamu memutuskan apa seorang customer bisa melakukan massage atau tidak. Atau mungkin memerlukan treatment spesial semisal customer ini pernah memiliki riwayat penyakit tertentu atau sempat melakukan operasi.

Selain itu, ada materi aftercare advice untuk memberikan saran kepada customer nantinya tentang apa yang boleh dan patut dihindari setelah treatment.

Sertifikat? Tentu dapet, dong! Contoh sertifikatnya bisa dilihat disini.

Observasi praktikal dengan trainer bersertifikat internasional

Seluruh trainer Bali International Spa Academy memiliki sertifikasi internasional di bidangnya, termasuk memiliki pengalaman mengajar yang mumpuni. Meskipun materi yang diberikan dapat semua trainer orang Indonesia dan

Selama kursus, trainer BISA akan mendampingi selama observasi praktikal secara virtual, termasuk ujian praktek. Akan ada lima sesi observasi yang disediakan, jangan khawatir kalau merasa susah melewati step-by-step nya sebab mereka akan sangat membantu 🙂

Private session

Kelas ini tidak dilaksanakan dalam grup, tapi private session. Begitu mendaftar dan pembayaran diselesaikan, satu trainer akan ditugaskan untuk membantumu belajar. Jadi akan lebih fokus.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar:

  • Bisa berbahasa Inggris, seenggaknya untuk mengerti kalimat.
  • Gender bukan masalah. Spa nggak selalu khusus tentang wanita saja, kok. Laki-laki yang mau belajar juga boleh banget.
  • Tidak ada batasan umur, meskipun tetap disarankan untuk pendaftar minimal berumur 17 tahun.
  • Alat-alat penunjang; bed massage (atau bisa juga kasur lipat kecil di lantai jika nggak punya), massage oil, model untuk praktek (bisa keluarga atau teman yang ingin jadi kelinci percobaan, hehe).
  • Punya akun Gmail. Ini karena tatap muka virtual melalui aplikasi Google Meet.

Bagaimana caranya?

  1. Masuk ke laman balibisa.com atau melalui balibisa.podia.com untuk melihat daftar kursus secara lengkap.
  2. Klik Enroll Now (jika melalui balibisa.com) atau Buy for $350 (jika melalui Podia) lalu akan diarahkan ke laman kursus yang diinginkan, misalnya seperti kursus Traditional Balinese Massage di bawah ini. Kalian bisa melihat secara lengkap rinciannya mulai dari ringkasan kursus, hingga isi materi.

  3. Setelah membuat akun dan melakukan pembayaran, nantinya akan mendapatkan email notifikasi untuk mengakses kursus tersebut. Untuk pembayaran bisa melalui kartu kredit secara langsung. Jika ingin lewat bank transfer, silahkan hubungi email/ Whatsapp yang tertera di akhir artikel ini.
    massage-course-email
  4. Klik Login to your dashboard, masukkan email dan password yang digunakan saat pendaftaran, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut. Lalu klik Start course. Karena saya sudah sempat belajar, jadi tombolnya berganti menjadi Resume course.
    balinese-course
  5. Yak, mulai belajar! Table of contents tersedia di bagian kiri, jadi bisa dengan mudah mengakses materi yang belum dipelajari.
    bali-bisa-balinese-massage
  6. Oh ya, untuk pertemuan virtual pertama, kalian akan dihubungi untuk menyepakati tanggal. Jika sudah selesai kursus, akun kalian tidak akan ditutup kok. E-sertifikat akan dikirim via email dan sertifikat asli akan dikirim ke rumah via pos (biaya kirim sudah termasuk dalam kursus).

Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut, ada baiknya menghubungi kontak yang tertera di bawah ini:

Email: info@balibisa.com
Whatsapp: 082144973223
Website: www.balibisa.com
Facebook Page: Bali International Spa Academy

Mungkin buat kalian yang suka massage dan ada passion di bidang ini, hayok deh, tambah ilmu dengan mengikuti kursus massage di Bali International Spa Academy.

Terima kasih sudah membaca!